Senin, 25 Mei 2015

Bab 3 Tugas Logika dan Algoritma



1. Tipe data biasanya digunakan untuk menentukan jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel, umumnya telah menyediakan tipe-tipe data yang sederhana (simple) maupun yang terstruktur. Apabila kita membutuhkan tipe data yang belum tersedia, kita dapat mendefinisikan sendiri tipe data baru yang disebut enumerated type.
2. Jenis-Jenis Tipe Data

1.  Tipe Data Sederhana.

Merupakan tipe data dasar yang sering dipakai oleh program, meliputi:

a.  Integer (Bilangan Bulat).
Penggolongan tipe data integer tersebut dimaksudkan untuk membatasi alokasi memori yang dibutuhkan. Misalkan untuk suatu perhitungan dari suatu variabel bilangan diperkirakan nilai maksimumnya 32767 kita cukup mendeklarasikan variabel bilangan sebagai integer (2 byte), daripada sebagai longint(4 byte). Didalam kompilernya, Pascal menyediakan konstanta untuk bilangan Integer yaitu: MaxInt and MaxLongInt, pemrogram bisa menggunakannya didalam programnya tanpa harus terlebih dahulu mendefinisikannya. Contoh bilangan integer adalah: 34 6458 -90 0 1112.
B. Real (Bilangan Pecahan). 
Bilangan real atau nyata merupakan jenis bilangan pecahan, dapat dituliskan secara biasa atau model scientific . Contoh bilangan real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana E merupakan simbol perpangkatan 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai sama dengan 4.5213e2.

d. Boolean (Logika)
Merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE (salah). Turbo Pascal for Windows memiliki tiga macam jenis ini yaitu: Boolean,WordBool, dan LongBool. Tipe Boolean memakai memori paling kecil, sedangkan WordBool dan LongBool dipakai untuk menulis program yang sesuai dengan lingkungan Windows.

3. Struktur data adalah cara menyimpan atau merepresentasikan data didalam komputer agar bisa dipakai secara efisien. Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol.

4. Variabel adalah suatu tempat untuk menampung data yang nilainya selalu berubah. Sedangkan, Konstanta adalah suatu tempat untuk menampung data yang nilainya selalu tetap dan tidak pernah berubah.
Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah. Jadi konstanta adalah juga variabel bedanya adalah pada nilai yang disimpannya. Jika nilai datanya sepanjang program berjalan tidak berubahubah, maka sebuah varibel lebih baik diperlakukan sebagai konstanta.

5. Variabel adalah nama yang mewakili suatu elemen data seperti jenkel untuk jenis kelamin dan sebagainya.  sedangkan Konstanta adalah suatu nilai yang tetap didalam program

6. Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Array merupakan konsep yang penting dalam pemrograman, karna array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks.


7. Pengertian Stack atau Tumpukan adalah suatu stuktur data yang penting dalam pemrograman yang mempunyai sifat LIFO (Last In First Out), Benda yang terakhir masuk ke dalam stack akan menjadi benda pertama yang dikeluarkan dari stack. 
Stack (Tumpukan) adalah list linier yang dikenali elemen puncaknya (TOP) dan Aturan penyisipan dan penghapusan elemennya tertentu. Penyisipan selalu dilakukan “di atas“ TOP dan Penghapusan selalu dilakukan pada TOP 

OPERASI-OPERASI/FUNGSI STACK Push : digunakan untuk menambah item pada stack pada tumpukan paling atas 
Pop       : digunakan untuk mengambil item pada stack pada tumpukan paling atas 
Clear     : digunakan untuk mengosongkan stack 
IsEmpty : fungsi yang digunakan untuk mengecek apakah stack sudah kosong 
IsFull     : fungsi yang digunakan untuk mengecek apakah stack sudah penuh 

 8. Queue pada Struktur Data atau antrian adalah sekumpulan data yang mana penambahan elemen hanya bisa dilakukan pada suatu ujung disebut dengan sisibelakang(rear), dan penghapusan(pengambilan elemen) dilakukan lewat ujung lain (disebut dengan sisi depan atau front). 

Queue atau antrian prinsip yang digunakan adalah “Masuk Pertama Keluar Pertama” atau FIFO (First In First Out). 
Queue atau antrian banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, ex: antrian Mobil diloket Tol, Antrian mahasiswa Mendaftar, dll. Contoh lain dalam bidang komputer adalah pemakaian sistem komputer berbagi waktu(time-sharing computer system) dimana ada sejumlah pemakai yang akan menggunakan sistem tersebut secara serempak.

Pada Queue atau antrian Terdapat satu buah pintu masuk di suatu ujung dan satu buah pintu keluar di ujung satunya dimana membutuhkan variabel Head dan Tail ( depan/front, belakang/rear). 
Karakteristik Queue atau antrian : 
1. elemen antrian 
2. front (elemen terdepan antrian) 
3. tail (elemen terakhir) 
4. jumlah elemen pada antrian 
5. status antrian Operasi pada Queue atau antrian 

1. tambah(menambah item pada belakang antrian) 
2. hapus (menghapus elemen depan dari antrian) 
3. kosong( mendeteksi apakah pada antrian mengandung elemen atau tidak) 

9. Tree merupakan salah satu bentuk struktur data tidak linear yang menggambarkan
hubungan yang bersifat hirarki (hubungan one to many) antara elemen-elemen, contoh penerapannya adalah ketika menggambar bagan silsilah keluarga, atau struktur organisasi

10. graph adalah struktur yang menggambarkan relasi antar obyek dari sebuah koleksi obyek. Contoh penerapannya adalah Contohnya informasi topologi dan jarak antar kota di suatu pulau

1 komentar:

  1. Baccarat: The art of luck, skill, and luck - World
    This guide gives you the information you need choegocasino to learn the worrione skill needed to master baccarat. 메리트 카지노 쿠폰 Learn the game of baccarat, and the rules.

    BalasHapus